5 Teman yang Perlu Dimiliki di Kantor
17.43
Diposting oleh Melany Christy
Di kantor, kita cenderung memilih teman yang memiliki minat atau pemikiran yang sama dengan Anda, karena hal ini dapat meminimalkan konflik. Namun, ternyata lebih penting bila kita memilih teman-teman yang dapat memberikan kepuasan dan kesuksesan kerja. Tak peduli apakah Anda akan menghabiskan waktu bersama mereka usai jam kantor, yang penting Anda kembangkan dulu kedekatan dengan mereka. Lalu siapa saja yang sebaiknya Anda pilih sebagai teman-teman baru di kantor?
1. Staf IT
Ketika email tak bisa menerima pesan, data Anda hilang, dan kecelakaan-kecelakaan lain yang berkaitan dengan komputer, hanya satu orang yang akan menjadi penyelamat Anda: staf IT. Orang-orang di bagian IT mungkin bukan termasuk teman-teman yang biasa menghabiskan waktu bersama Anda di luar jam kerja, namun pastikan mereka lah teman Anda di kantor. Berusaha lah untuk tetap tersenyum meskipun Anda sedang tidak membutuhkan bantuan mereka. Ngobrol di pantry, mencari tahu dari mana asal mereka, atau menanyakan apa yang mereka lakukan pada long weekend lalu, pendek kata hal-hal yang biasa Anda lakukan dengan teman lainnya. Dengan demikian ketika perusahaan memesan MacBook Pro yang baru, dan meminta mereka memilih siapa yang patut menerimanya, Anda lah pilihan mereka.
2. Senior
Senior tidak selalu berarti atasan. Bisa juga orang yang sudah bekerja jauh lebih lama daripada Anda. Orang ini tentu tahu banyak mengenai hal-hal yang terjadi atau berlaku di perusahaan. Ia juga mengenal orang-orang yang punya pengaruh di kantor. Ia juga menjadi tempat bertanya untuk hal-hal yang tidak berani Anda tanyakan pada atasan Anda. Namun Anda juga perlu memilih-milih. Tidak semua senior berkenan untuk membantu yuniornya. Senior yang bisa diajak berteman adalah yang menyambut Anda dengan hangat ketika Anda baru bergabung dengan perusahaan, orang yang sabar dan selalu bersedia menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Idealnya, dialah orang yang memiliki persamaan pandangan dengan Anda.
3. Teman dari departemen lain
Meskipun Anda sangat menyukai pekerjaan Anda, namun suatu ketika Anda pasti akan mengeluh juga. Biasanya Anda lalu curhat dengan teman dari departemen yang sama, karena merekalah yang tahu situasi Anda. Namun pertemanan seperti ini bisa berbahaya. Anda akan dianggap menjelek-jelekkan rekan kerja Anda sendiri, atau memperkuat opini orang lain yang mungkin cenderung bias. Karena itu, sebaiknya Anda memilih teman dari departemen lain, jika niatnya untuk berkeluh-kesah. Mereka akan memberikan pendapat yang lebih objektif mengenai situasi Anda, daripada orang yang dekat dengan Anda. Jika pun teman Anda berbagi cerita pada teman-teman di departemennya, mereka tak mengenal Anda maupun orang-orang di divisi Anda. Sebaliknya, teman Anda mungkin akan menceritakan situasi di departemennya sendiri yang membuat frustrasi. Hasilnya, Anda akan merasa lebih baik dengan kondisi Anda.
4. Recepsionis atau staf procurement
Hm... jangan sepelekan petugas di bagian resepsionis atau procurement. Merekalah yang mengusahakan pengadaan barang dan jasa di perusahaan. Sering-seringlah menyapa mereka, karena merekalah yang biasa membantu Anda tanpa Anda sadari. Kadang-kadang mereka kesal, lho, karena diabaikan oleh orang-orang di kantor. Seringkali kita hanya berbicara dengan mereka ketika membutuhkan sesuatu. Misalnya, menitipkan paket untuk kurir dan menerima barang kiriman untuk Anda (sementara Anda sudah pulang). Atau, Anda meminta peralatan kantor, kunci laci hilang, dan lain sebagainya. Sekali-sekali, ajak mereka makan siang bersama. Lakukan juga beberapa pekerjaan yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri, seperti memesan makanan di luar.
5. Rekan kerja yang terbaik
Butuh seseorang yang dapat mengambil alih pekerjaan Anda ketika Anda cuti atau ada keperluan mendadak? Atau mencari rekan kerja yang dapat diajak berbagi ide? Seseorang yang Anda percaya untuk berbagi gosip ketika Anda tak tahan menyimpannya sendiri? Rekan kerja yang memenuhi semua syarat inilah yang perlu Anda dekati. Menurut penulis Vital Friends, Tom Rath, orang-orang yang memiliki seorang teman dekat di kantor biasanya tujuh kali lebih mampu bekerja dengan baik. Anda tak harus menghabiskan waktu senggang di luar jam kantor bersamanya, namun kedekatan yang Anda miliki tetap memberi pengaruh baik untuk produktivitas Anda. Selain itu juga tingkat stres dan kebahagiaan Anda secara umum di perusahaan. Bekerja keraslah untuk membina pertemanan ini, namun bersiaplah jika karena alasan tertentu hubungan Anda tidak memuaskan.
13 Maret 2010 pukul 18.02
mantaph...
bener tuch jenis teman,,tapi saya masih kuliah neh..heu
ya itung-itung persiapan (kalo kerja)haha.
salam kenal ya